RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMA Negeri 1 Woha
Mata
Pelajaran : Biologi
Kelas
/Semester : XMIPA/Ganjil
Materi
Pokok :
VIRUS
Pertemuan
ke : 6-7
Alokasi
waktu :
6 x 45 menit (2 x pertemuan)
A.
Kompetensi
Inti (KI)
KI 1 dan 2
|
|
KI
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli (gotong
royong,kerjasama,toleran,damai,santun,responsive dan proaktif sebagai
bagian solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara aktif
dengan lingkungan social dan alam serta menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
|
KI 3
|
KI 4
|
KI 3. Memahami,menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan,tekhnologi,seni,budaya dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan ,kenegaraan dan peradaban terkait penyebab dan
fenomena kejadian serta menerapkan pengetahuan Proceduralpada bidang kajian spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
|
KI 4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait denganpengembangan dariyang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri,dan mampu
menggunakan motode sesuai kaidah
keilmuan.
|
A. Kompetensi Dasar (KD)
dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
No
|
KD
Pengetahuan
|
No
|
KD
Keterampilan
|
3.4
|
Menganalisis struktur dan
replikasi, serta peran virus
dalam aspek kesehatan
masyarakat
|
4.4
|
Melakukan kampanye tentang bahaya virus dalam kehidupan
terutama bahaya AIDS berdasarkan tingkat virulensinya melalui berbagai media
informasi
|
No
|
IPK Pengetahuan
|
No
|
IPK Keterampilan
|
3.4.1
|
Menjelaskan (C2) sejarah
penemuan virus.
|
4.4.1
|
Menggambarkan
(C3)
struktur tubuh virus
|
3.4.2
|
Mejelaskan
(C2) ciri-ciri virus berdasarkan gambar
|
4.4.2
|
Menyajikan (C5)data tentang ciri,
replikasi, dan peran virus dalam aspek
kesehatan dalam bentuk model/charta.
|
3.4.3
|
Membandingkan (C2)struktur tubuh virus satu dengan
virus yang lain berdasarkan gambar tubuh virus.
|
4.4.3
|
Membuat (C6)slogan di lingkungan sekolah
tentang dampak terinfeksinya HIV
|
3.4.4
|
Membandingkan (C2)struktur tubuh virus dengan organisme lainnya,
misalnya bakteri
|
4.4.4
|
Membuat
karya (C6) cara hidup sehat untuk menghindari infeksi virus
(dapat berupa lagu, poster, cerita puisi, dll) atau tergantung minat anak dan
kerja sama lintas mata pelajaran, antara Bahasa Indonesia dan seni budaya
|
3.4.5
|
Menjelaskan
(C2)replikasi virus setelah mengamati gambar atau video
|
4.4.5
|
Membuat
(C6)model tiga dimensi Virus HIV atau
virus jenis lain
|
3.4.6
|
Mengklasifikasikan(C3) virus.
|
4.4.6
|
menyusun makalah (C6)dampak
positif dan negatif virus terhadap bidang sosial dan ekonom
|
3.4.7
|
Mengemukakan (C3) cara menghindari infeksi Virus.
|
|
|
3.4.8
|
menganalisis (C4) kasus-kasus dalam kehidupan sebagai dampak negatif
dari virus.
|
|
|
3.4.9
|
Menganalisis
(C4) peranan virus dalam kehidupan
manusia
|
|
|
A.
Tujuan
Pembelajaran
Melalui kegiatan Pembelajaran dengan pendekatan
saintifik menggunakan metode inquiri/discovery,diskusi
kelompok,penugasan/kerja kelompok dan model pembelajaran Problem Based learning dan Proyek based Learning, peserta
didik dapat menganalisis sreuktur dan replikasi serta peran Virus dalam aspek
kesehatan masyarakat ,dan melakukan kampanye tentang bahaya virus dalam
kehidupan terutama bahaya AIDS berdasarkan tingkat virulensinya melalui
berbagai media informasi,sehingga peserta didik dapat membangun kesadaran
akan kebesaran Tuhan YME, menumbuhkan
prilaku disiplin, jujur, aktif, responsip, santun, bertanggungjawab,
dan kerjasma.
B.
Materi
Pembelajaran
1. Materi
fakta,
Gambar Kasus-kasus
penyakit yang disebabkan virus

![]() |
![]() |
||

2. Materi Konsep
·
Ciri-ciri
virus: struktur dan reproduksi
·
Peran virus
dalam kehidupan
·
Jenis-jenis
partisipasi remaja dalam menanggulangi persebaran virus HIV dan lainnya
3.
Materi Prosedur
·
Proses persebaran HIV dan virus lainnya
· Proses Replikasi virus terdiri dari: daur litik dan
lisogenik
4.
materi
prinsip
aktivitas virus pada hewan,tumbuhan
dan manusia
C. Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan : Saintifik
2.
Metode
: Inguiry
/ discovery,diskusi kelompok,penugasan/kerja kelompok
3.
Model
Pembelajaran : Problem Based Learning (pertemuan 6)
Problem Based Learning (pertemuan 7)
D.
Alat, Media
1) Alat
LCD, laptop, spidol, papan tulis
1). Media
a) Gambar Virus
b) Bagan replikasi virus
E.
Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan I(3 x 45 menit)
No IPK
|
IPK
|
3.4.1
|
Menjelaskan (C2) sejarah penemuan virus.
|
3.4.2
|
Mejelaskan
(C2) ciri-ciri virus berdasarkan gambar
|
3.4.3
|
Membandingkan (C2)struktur tubuh virus satu dengan
virus yang lain berdasarkan gambar tubuh virus
|
3.4.4
|
Membandingkan (C2)struktur tubuh virus dengan organisme lainnya,
misalnya bakteri
|
3.4.6.
|
Mengklasifikasikan(C3) virus.
|
4.4.1
|
Menggambarkan
(C3)
struktur tubuh virus
|
Deskripsi Ke giatan
Pembelajaran
|
LITERASI,PPK,4C, HOTS
|
Alokasi Waktu
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
I.
Pendahuluan
|
|
15’
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
·
Salam dan doa
·
Menyanyikan lagu Wajib Nasional
·
Mengkondisikan kelas dan pembiasaaan,sebagai implementasi nilai disiplin
·
Tanya jawab materi sebelumnya
·
Apersepsi : siapa yang sudah pernah
mengalami Flu ?.
Motivasi : Guru memperlihatkan contoh gambar/video tentang penderita
influenza .
·
Penyampaian
Tujuan pembelajaran
|
PPK religious
PPK disiplin
Literasi
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
II. Kegiatan Inti
Mengamati(
Observing )
v Guru
menayangkan berbagai fakta tentang berbagai kasus penyakit yang merebak saat
ini yang disebabkan oleh virus seperti influenza, Aids, dan flu burung
HIV,melalui video atau gambar
v Siswa
secara individu atau kelompok mencermati dengan teliti pada saat
mengidentifikasi gambar
v Siswa
mendokumentasikan/mencatat hasil pengamatannya
v Guru
menilai keterampilan siswa mengamati
Menanya(
Quesioning )
Peserta didik dimotivasi untuk membuat pertanyaan tentang:
·
Penyebab berbagai penyakit pada
kasus yang dibaca
·
Mekanisme penularan
·
Bagaimana karakteristik Virus?
·
Bagaimana replikasi virus
·
Guru menilai keterampilan siswa
dalam mengungkap Penyebab berbagai penyakit pada kasus yang dibaca dan
keterampilan bertanya dari kasus yang dipaparkan
MengumpulkanData (Eksperimen/Eksplorasi) (Experimenting=mencoba)
Mengasosiasikan(Associating
)
·
Guru membagi peserta didik menjadi
beberapa kelompok,dengan anggota setiap kelompok empat orang.
·
Guru membimbing peserta didik
melakukan kegiatan Mari
Bereksplorasi (terlampir); Mengidentifikasi
Karakteristik Virus.
·
Guru menilai sikap siswa dalam
diskusi kelompok dan membimbing/ menilai keterampilan mengolah data, serta menilai kemampuan
siswa menerapkan konsep dan prinsip dalam pemecahan masalah
Mengkomunikasikan (Comunicating )
·
Perwakilan dari salah satu kelompok menyampaikan kesimpulan diskusi tentang karakteristik
virus
·
Laporan hasil pengamatan secara
tertulis
·
Presentasi secara lisan tentang
sejarah virus dan karakteristik virus
·
Guru
menilai keter
Pertemuan 2(3 x 45 menit)
|
PPK Kerjasama
|
95’
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar